Tuesday 13 June 2017

Reog Ponorogo Cahaya Budaya Feat Pramuka SMA N 1 Rejotangan

Awal mulanya kami hanya mendapat info bahwa diajak kolaborasi teman-teman SMA Rejotangan. saat itu kami tidak berpikir bahwa yang mengajak adalah anggota pramuka. Hingga tiba perwakilan dari Pramuka SMA Rejotangan. Mereka mengajak kita untuk kolaborasi dengan penari dari mereka sedangkan pemain musik dan penata tarinya dari kami (Cahaya Budaya). oke, kita pun mau menerima ajakan ini.

Saat itu siswa kelas XII sedang ujian jadi kami harus menyesuaikan dengan jadwal ujian dari mereka. Padahal saat itu kita juga punya tanggungan dengan siswi SMK 2 Boyolangu, kalau ini semua penarinya cewek. Ditambah dengan siswa dari SD N 1 Ngunut yang kebanyakan masih kelas 1, 2,3 ditambah sedikit dari 4,5 dan 6.

Kami harus mengatur jadwal apalagi Diesntalis SMA Rejotangan kurang lebih 1 bulan dari kita mulai latihan. latihan perdana sempat membuat kami semangat, penarinya banyak tepat waktu dan tidak banyak protes. Melihat antusias yang seperti itu, membuat tim kreatif kami membuat garap tari yang sedikit berbeda dengan sebelumnya. saat itu tim kami menganggap mereka akan mampu membawakan Reog Ponorogo dengan garapan yang lebih berwarna.

Pementasan bisa klik disini

Menginjak pertengahan latihan mulai kelihatan yang loyo, penari yang mengundurkan diri, ogah-ogahan. Hal ini ternyata di luar dugaan kami. Akhirnya kita harus menyusun ulang rencana dan strategi yang digunakan. untungnya mereka (Anggota Pramuka) memiliki jiwa yang solid dan menyukai tantangan.

Menjelang Hari H ada kabar 2 orang anggota tidak bisa ikut latihan, ada usulan dari pembina pramuka untuk memasukkan 2 orang anggota reog cahaya budaya untuk mengisi kekosongan. Oke, untungnya masih ada 2 kali latihan untuk penyesuaian.


Diesntalis dimulai, kami sudah mulai merasa semangat sekaligu grogi. Semangat karena sebentar lagi perjuangan kami akan terlihat hasilnya. Grogi karena angin yang kelihatannya diluar prediksi, apalagi mengingat salah satu pembarong adalah anggota pramuka yang tentunya sangat kurang jam terbang. Kita hanya berdoa, Allah yang maha kuasa.

Pementasan berjalan sukses, meski terdapat sedikit masalah yang untung dapat segera diatasi oleh pemain. selamat kalian hebat. setelah pementasan tidak lupa kami berfoto dengan kepala sekolah dan guru yang juga bangga dengan anak didiknya yang mampu mementaskan sendratari reog Ponorogo dengan baik. 

1 comment: